Pengangkatan dan Bimtek PPDP Desa Banjardawa

Ketua PPS
Ketua PPS sedang membacakan keputusan KPU Kabupaten Pemalang.

Rabu (17/01), Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Banjardawa mengadakan Pengangkatan dan Bimbingan Teknis (BimTek) bagi 9 calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Balai Pertemuan Desa Banjardawa.  PPDP bertugas untuk membantu PPS, PPK dan KPU dalam pemutakhiran data yang dipersiapkan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang. Kegiatan ini diikuti oleh calon PPDP, anggota dan sekretariat PPS Desa Banjardawa, perwakilan dari PPK Taman dan juga Pengawas Pemilu Desa (PPD) Banjardawa.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilakukan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab karena itu PPDP harus tepat dalam pencocokan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya adalah RT/RW/Kadus setempat termasuk dengan anggota PPS. Untuk itu diadakanlah Kegiatan Pengangkatan dan Bimtek PPDP Desa Banjardawa agar PPDP dapat bekerja secara maksimal.

Pemberian SK kepada salah satu perwakilan PPDP oleh Ketua PPS.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.30 WIB yang dibuka oleh Adi Susanto selaku Ketua PPS Desa Banjardawa dengan membacakan keputusan KPU Kabupaten Pemalang. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pengangkatan calon PPDP yaitu pembacaan Pakta Integritas oleh salah satu perwakilan PPDP yang diteruskan dengan penyerahan SK dan penyematan topi dan ban lengan sebagai simbolis serta ditutup dengan penandatanganan Pakta Integritas PPDP.

PPS memberikan materi kepada peserta PPDP tentang tata cara dan tahapan pencoklitan.

Setelah pengangkatan PPDP selesai maka PPDP menerima perangkat kerja yang nantinya akan digunakan selama pemutakhiran data. Penyampaian materi PPDP dipaparkan oleh salah satu anggota PPS, Iin Nurina. Iin Nurina menyampaikan materi tentang tahapan-tahapan yang harus dilakukan PPDP saat pencoklitan data dan tata cara pengisian formulir yang harus dilengkapi pada saat pemutakhiran dan pencocokan data pemilih. Peserta terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan ini terlihat dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dengan narasumber.

“Dengan adanya pelatihan ini anggota PPDP dapat mengetahui gambaran tugas yang akan dilakukan dalam pencoklitan data dan semoga kegiatan coklit dapat terlaksana secara cermat, tertib, dan efektif sehingga meningkatkan kualitas Daftar Pemilih menjadi lebih baik.” ujar Dugiyati salah satu peserta Pengangkatan dan Bimtek PPDP Desa Banjardawa.

Facebooktwitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*