Banjardawa Gelar Coklit Serentak

Coklit Serentak di Desa Banjardawa
Kegiatan Coklit ke rumah Tokoh Masyarakat Banjardawa, Sukandar, S.Pd.

Sabtu (20/01), Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang menggelar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak pada 20 Januari 2018 yang tersebar di seluruh Desa di Kabupaten Pemalang salah satunya di Desa Banjardawa, Kecamatan Taman. Untuk memulai Kegiatan Coklit Serentak, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Banjardawa mengadakan Apel Pagi di Balai Desa Banjardawa yang diikuti oleh Sekretariat PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Pengawas Pemilu Desa (PPD) Banjardawa. 

Kegiatan Coklit Serentak Desa Banjardawa dilakukan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). PPDP ini mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Pencoklitan dilakukan untuk memastikan kesesuaian data pemilih seperti NIK, kepemilikan E-KTP dan Suket serta data kependudukan lainnya.

PPDP melakukan Apel Pagi Kegiatan Coklit Serentak Pilgub di Balai Desa Banjardawa

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengadakan Apel Pagi dan dilanjutkan pengarahan oleh Ketua (Panitia Pemungutan Suara) PPS Desa Banjardawa dan Pengawas Pemilu Desa (PPD) Banjardawa. Setelah selesai pengarahan, PPDP disebar sesuai wilayah masing-masing TPS yang ada di Desa. Proses coklit dilakukan dengan system door to door yang diawali dengan mendatangi rumah Tokoh Masyarakat, Sukandar, S.Pd. Petugas mulai melakukan pencoklitan sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam kesempatan itu, PPDP Desa Banjardawa didampingi oleh Ketua dan Anggota PPS Desa Banjardawa. Sementara untuk proses coklit sendiri diawasi oleh PPD, Erna Letnawati. Tidak ada persoalan yang ditemukan dalam coklit yang dilakukan.

PPDP menempelkan bukti pencoklitan berupa stiker di rumah warga.

Ketua PPS Desa Banjardawa, Adi Susanto menjelaskan, jumlah PPDP di Desa Banjardawa secara keseluruhan sebanyak 9 orang dan untuk satu PPDP akan menangani kurang lebih 400 pemilih di setiap TPS.  “Coklit ini akan dilakukan hingga tanggal 18 Februari tahun 2018 mendatang. Untuk hari ini memang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Hari ini, minimal lima rumah harus diselesaikan oleh PPDP, PPS, PPK dan KPU Kabupaten,” Ujarnya.

PPD Desa Banjardawa, Erna Letnawati menghimbau kepada masyarakat Banjardawa untuk bisa menyalurkan hak pilihnya dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Bulan Juni tahun 2018 mendatang. Ia pun mengaku akan turut serta membantu KPU Kabupaten Pemalang untuk melakukan sosialisasi terhadap tahapan-tahapan dalam Proses Pilgub Jawa Tengah Tahun 2018, termasuk mensosialisasikan agar masyarakat mau datang ke TPS pada saat pemungutan suara nantinya dan mau menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

Facebooktwitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*